A. ALASAN PEMILIHAN PRODUK/MEREK KOMPETITOR
a. Latar Belakang Pemilihan Kompetitor Langsung
Produk Oreo wafer dipilih sebagai kompetitor langsung karena merek ini sudah cukup terkenal di tingkat nasioal maupun internasional. Hanya saja baru-baru ini produk Oreo ini disinyalir mengandung zat melamin yang berbahaya bagi kesehatan.
b. Latar Belakang Pemilihan Kompetitor tidak Langsung
Produk Gery Saluut dipilih sebagai competitor tidak langsung karena masyarakat mengganggap produk ini kurang berkualitas baik rasa maupun harga.
Segmentasi produk ini adalah masyarakat menengah ke bawah, sehingga image produk ini adalah produk murah dan masyarakat kita tidak menyukai hal tersebut.
B. IDENTIFIKASI DATA BRAND/MEREK KOMPETITOR
B.1. Gery Saluut
Data Produk
a. Nama Produk/Brand/Merk
Gery Saluut
b. Nama Perusahaan
Garudafood
c. Sejarah Perusahaan
Profil Garudafood
GarudaFood adalah perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok usaha Tudung (Tudung Group). Selain GarudaFood, Tudung Group juga menaungi SNS Group (PT Sinar Niaga Sejahtera, bergerak di bisnis distribusi dan logistik), PT Bumi Mekar Tani (BMT, fokus di bidang plantations), PT Nirmala Tirta Agung (NTA, bisnis air minum dalam kemasan bermerek Mayo), PT Dairyland Indonesia (DLI, memasarkan susu kemasan kaleng bermerek Prestine), dan Global Solution Institute (GSI), bergerak di bidang pelayanan jasa pelatihan, seminar, event-organizer, dan konsultasi manajemen).
GarudaFood Group berawal dari PT Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah, pada 1958 dan bergerak di bisnis tepung tapioka. Pada 1979 PT Tudung berganti nama menjadi PT Tudung Putrajaya (TPJ). Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo Putro, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa Indonesia merdeka.
Pada awal 1987 TPJ mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merk Kacang Garing Garuda, yang belakangan dikenal dengan sebutan ringkas: Kacang Garuda. Kacang Garuda meraih pelbagai penghargaan sebagai berikut: Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) kategori kacang bermerek delapan kali berturut-turut (2000-2007); Superbrands (2003); Top Brand for Kids (2004); Indonesian Best Brand Award (IBBA, 2004-2007); Top Brand (2007).
Tatkala perekonomian nasional tengah dihantam krisis ekonomi, Desember 1997 GarudaFood mendirikan PT GarudaFood Jaya yang memproduksi biskuit bermerek Gery. Periode 2005-2007 Gery Saluut meriah Indonesian Best Brand Award (IBBA) dari MARS dan majalah SWA untuk kategori wafer salut. Pada 2007 Gery Chocolatos meraih IBBA kategori wafer stick.
Pada 1998 GarudaFood mengakuisisi PT Triteguh Manunggal Sejati (TRMS), produsen jelly dan meluncurkan produk jelly bermerek Okky dan Keffy. Prestasi Okky Jelly dibuktikan dari keberhasilan meraih Top Brand for Kids (TBK) Award 2004 untuk kategori jelly. Di samping TBK, OKKY Jelly juga berhasil meraih IBBA (2004-2007). Okky Jelly Drink juga meraih penghargaan Top Brand 2007 dari majalah Marketing bekerja sama dengan Frontier.
Pada akhir 2002 TRMS meluncurkan produk minuman jelly bermerek Okky Jelly Drink sekaligus babak baru GarudaFood masuk ke bisnis minuman (beverages). Keseriusan GarudaFood menekuni bisnis minuman juga semakin kentara dengan diluncurkannya Mountea, minuman teh rasa buah. Mountea bahkan mencatat prestasi IBBA 2007 kategori minuman teh dalam kemasan cup.
Pada tahun 2000 Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sepakat menggabungkan TPJ, Garuda Putra Putri Jaya, dan GarudaFood Jaya dalam satu nama: PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA (GPPJ).
GarudaFood juga memproduksi snack bermerek Leo, untuk kategori produk kripik kentang, kripik pisang, kripik singkong, dan krupuk mulai akhir 2005. Pada 2007 Leo meraih IBBA kategori snack kentang. Selain itu juga merambah bisnis snack jagung dengan merek O̢۪Corn.
Di tingkat nasional, GarudaFood juga dipersepsi positif sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman idaman. Survey yang dilakukan Frontier dan majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada 2006 dan 2007 menyebutkan GarudaFood berada di urutan ketiga Indonesian Most Admired Company (IMAC). GarudaFood juga aktif menjalankan program corporate social responsibility (CSR) di bawah bendera GarudaFood Sehati.
Kini, seluruh potensi yang ditopang kekuatan sekitar 19 ribu karyawan berkepribadian unggul (knowledge worker) menjadi modal utama GarudaFood dalam upaya menyongsong sukses sebagai sebuah sustainable enterprise.
Garudafood sebagai suatu perusahaan yang bergerak di industri makanan ringan mengemban misi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menciptakan produk-produk dan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan harapan yang diinginkan konsumen di dalam maupun luar negeri. Sebelumnya terbentuk sebagai Divisi Eksport, International Operation Division (IOD) terbentuk pada tahun 2000.
Sebagai perusahaan dinamis, Garudafood sudah sejak lama memasuki pasar internasional. Berbagai produk yang dihasilkan telah dipasarkan dan diterima dengan baik di seluruh belahan dunia. Beberapa di antaranya seperti negara-negara ASEAN meliputi Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam; Singapura, Hongkong, Taiwan, India, Bangladesh, Korea Selatan, dan Timor Leste. Kawasan Eropa meliputi Belanda dan Jerman. Kawasan Timur Tengah meliputi Yordania, Yemen, Arab Saudi, Israel, Palestina, dan Uni Emirat Arab. Kawasan Amerika meliputi Amerika Serikat, Kanada, Guatemala, dan Bolivia. Nigeria untuk kawasan Afrika. Serta kawasan Australia, Selandia Baru dan Papua Nugini.
Kami berkomitmen untuk memberikan produk yang berkualitas tinggi kepada pelangggan. Kami selalu mengupayakan perbaikan-perbaikan untuk tetap memuaskan pelanggan. Sebagai hasilnya Garudafood berhasil memperoleh ISO 9002 dan Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) di tahun 2000, 2001, 2002, 2003, 2004, and 2005. Semuanya itu merupakan langkah awal dan tantangan untuk memberikan yang terbaik. Kami berusaha yang terbaik untuk menciptakan hubungan yang berkesinambungan bagi setiap pelanggan.
Misi | § Memuaskan konsumen dengan menyediakan: § Membentuk komunitas karyawan untuk tumbuh bersama dan mengembangkan kualitas kehidupan, lingkungan kerja dan pekerjaan para karyawan; § Menciptakan kemanfaatan jangka panjang yang berkesinambungan dalam hubungan antara perusahaan dengan seluruh mitra usaha. § Meningkatkan nilai tambah bagi pemegang saham dengan menjalankan etika bisnis dan pengelolaan perusahaan yang baik. |
Visi | § Menjadi salah satu perusahaan terbaik di industri makanan dan minuman di Indonesia dalam aspek profitabilitas, penjualan dan kepuasan konsumen melalui karya yang kreatif dan inovatif dari seluruh karyawan yang kompeten. |
Filosofi
| |||||||||||||||||||
|
Logo Perusahaan
Full Color
| ||||||||||||||||||
Monochrome
| ||||||||||||||||||
One Tone
|
Negara-negara yang tercakup dalam wilayah distribusi Garudafood:
ASIA :
§ Malaysia
§ Thailand
§ Filipina
§ Brunei Darussalam
§ Bangladesh
§ Vietnam
§ Kamboja
§ Hong Kong
§ Singapura
§ Taiwan
§ India
§ Korea Selatan
§ Timor Leste
Australia
Selandia Baru
Papua Nugini
Eropa
§ Belanda
§ Jerman
Timur Tengah
§ Yordania
§ Yaman
§ Saudi Arabia
§ Israel
§ Palestina
§ Uni Emirat Arab
Afrika
- Mauritius
USA
Canada
Amerika Selatan
§ Chile
§ Bolivia
Amerika Tengah
§ Guatemala
Pacific Ocean
§ Kiribati
§ Samoa, America
§ Tuvalu
Jaringan Distribusi Garudafood (Indonesia)
Produk-produk Garudafood didistribusikan oleh PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS) yang merupakan Divisi Distribusi dari holding company. Didirikan 1994, peran SNS sangat menentukan bagi perkembangan Garudafood. Karena perannya, berbagai macam produk Garudafood bisa diperoleh konsumen di wilayah-wilayah pelosok seluruh Indonesia.
Hingga tahun 2006 ini, SNS telah memiliki 96 depo, yang melayani hampir 150.000 outlet pelanggan di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, untuk lebih memperluas jaringan, SNS juga bermitra dengan subdistributor besar yang tersebar dari Aceh sampai Papua.
Dengan kekuatan jaringan serta armada distribusi yang sangat memadai, sejak 1994 SNS telah menjadi 5 besar perusahaan distributor FMCG terbaik untuk kategori makanan dan minuman.
Dalam perkembangannya SNS kini tidak hanya mendistribusikan produk dari Garudafood, tetapi juga dari principal lain baik untuk produk food maupun non food.
Prestasi
|
d. Pengelola
| Sudhamek AWS | |
Prodjo Handojo | Kusuma Dewiningroem | Pangajoman Adi |
Pratolo Waluyo | Lestari Santoso | Untung Rahardjo |
Eka Susanto | Rahajoe Dewiningroem | |
Hartono Atmadja | Hardianto Atmadja | |
e. Alamat Perusahaan
§ Kantor Pusat
PT Garudafood Putra Putri Jaya
Jl. Bintaro Raya no. 10A
Jakarta 12240, Jakarta
Indonesia
No. Telepon : 62-21-7290110
No. Fax : 62-21-7294009
§ Kantor Cabang
PT Garudafood Putra Putri Jaya
(Biscuit Division)
Gresik 61177 Indonesia
§ Sales Center/distribusi
PT Sinar Niaga Sejahtera
Jl. Wahab Affan No. 135 Medan Satria, Bekasi Barat 17132
Ph.(+6221) 8843210, 8853716; Fax. (+6221) 8854962, 8854579
http://www.snsgroup.co.id
§ Pabrik (n/a)
§ Website
§ Customer Service
Mail Box : PO BOX 999
JKS 12000 – Indonesia
E-mail : customer@garudafood.com
Layanan Konsumen : 0800-1-7289-7777 (bebas pulsa)
f. Produk Lain Yang Dipasarkan
INDONESIA
Kacang (Kacang Kulit) | |
| Kulit Biga |
| Kulit Ekspor |
| Kulit Lokal |
Kacang (Coated) | |
| Atom Ekspor |
| Atom Gurih lokal |
| Atom Manis |
| Atom Pedas |
| Atom Telor |
| Garudakid |
| Kacang Kriting |
Kacang (Ting-ting) | |
| Ting Ting |
| Ting Ting Kopi |
| Ting Ting Original |
Jelly (Jelly Bolo) | |
| Jelly Bollo Drink |
Jelly (Jelly Drink) | |
| Jelly Drink Jambu |
| Jelly Drink Jeruk |
Jelly (Jelly Sedot & Jumbo) | |
| Okky Jelly Jumbo Cup Lokal |
| Okky Jelly Jumbo Cup Premium |
| Okky Jelly Sedot |
Jelly (Jelly Super Cup) | |
| Okky Jelly Serat Lokal |
| Okky Jelly Serat Premium |
| Okky Jelly Super Cup Lokal |
Snack (Keripik) | |
| Keripik Kentang |
| Keripik Singkong |
Snack (Pilus) | |
| Pilus Manis |
| Pilus Original |
| Pilus Original MM |
| Pilus Pedas |
| Pilus Pedas MM |
Snack (Biskuit) | |
| Gery Bismart |
Snack (Dipstick & Cup) | |
| Gery Dipstick Hanger |
| Gery Dipstick Tray |
| Gery Meses |
Biskuit (Dragee/Chocolate) | |
| Gery Bischoc |
Biskuit (Kraker Beras) | |
| Gery Kraker Beras |
| Gery Kraker Beras Rasa Keju |
Biskuit (Snack & Sereal) | |
| Gery Refill-E |
| Gery Snack & Sereal |
Biskuit (Soes) | |
| Gery Soes |
Biskuit (Wafer Cream & Caramel) | |
| Gery Wafer Cream Caramel |
| Gery Wafer Cream Coklat |
| Gery Wafer Cream Coklat Keju |
| Gery Wafer Cream Coklat Vanila |
| Gery Wafer Cream Saluut Coklat |
Biskuit > Wafer Stick | |
| Gery Cokluut |
| Gery Wafer Stick Coklat |
| Gery Wafer Stick Coklat Keju |
| Gery Wafer Stick Coklat Susu |
| Gery Wafer Stick Lokal |
Minuman ( Flavor Tea) | |
| Mountea |
Minuman (Nata Drink) | |
| Koko Drink |
INTERNASIONAL
g. Spesifikasi Produk
Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI)
LP POM 00100014221200
BPOM RI MD 827113027425
Kode Batang : 8 992775 312407
Berat bersih : 16g
Komposisi:
Terigu, gula, lemak nabati, minyak nabati, coklat bubuk, dekstrosa, susu bubuk, lesitin, kedelai, garam, aroma cokelat, vanilin.
h. Harga Produk
· Supermarket
Rp 590,00
· Toko
Rp 600,00
· Warung
Rp 600,00
· Pasar
Rp 600,00
i. Kelebihan Produk
Produk Gery Saluut cukup terkenal di masyarakat dan cukup terjangkau harganya dari pada produk dari competitor lainnya
j. Usp
k. Positioning Produk
Kalangan menengah ke bawah karena Produk Gery Saluut harganya terjangkau.
l. Tagline (n/a)
Tebeel Coklatnya
m. Target audience
· Demografis
§ Jenis kelamin : laki-laki, perempuan
§ Usia : 5-17 tahun (anak-anak
sampai remaja)
§ Siklus Hidup Keluarga : lain-lain
§ Pendidikan : Semua
§ Pekerjaan : Semua
§ Kewarganegaraan : Indonesia
§ SES (Social Economical Status) : bawah-bawah, bawah atas,
kelas pekerja, menengah
· Geografis
§ Wilayah : Seluruh Indonesia
§ Lokasi :
§ Kepadatan : perkotaan, pinggiran kota, pedesaan
· Psikografis
§ Gaya hidup : modern
§ Kepribadian :
· Behavioristik
§ Manfaat : ekonomis
§ Status Pemakai : pemakai pertama kali, pemakai potensial
§ Status Kesetiaan : tidak ada
§ Tahap Kesiapan membeli : sadar, tertarik
§ Sikap Terhadap Produk : positif
§ Perilaku :
n. Promosi Yang Dilakukan
· Advertising (ATL-BTL/NL) (n/a)
· Trough The Line (Ambience Media) (n/a)
· Sales Promotion (n/a)
· Public Relation
CSR Sehati Garudafood
Sejalan dengan perkembangan perusahaan serta sebagai wujud peran sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar / masyarakat luas, Garudafood perlu membuat suatu program khusus, yang fokus pada kegiatan sosial perusahaan, disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar namun tetap terarah. Program tersebut adalah Sehati Garudafood.
Misi Sehati
§ Menerapkan 'Corporate Philosophy' Garudafood.
o Human Values
o Business Ethic
o Unity Through Harmony
§ Membentuk komunitas ‘knowledge worker’ yang mampu menjadi ‘agent of change’ yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.
§ Memberi kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat luas melalui program yang berkesinambungan di berbagai aspek (Sosial, Ekonomi dan Lingkungan).
Makna Sehati
SEHATI bermakna berempati.
Dari kata Sehati terdapat kata "sehat" artinya mengutamakan kesehatan baik untuk jasmani dan rohani dan penggalan kata "hati" artinya sepenuhnya dilakukan dengan hati (tulus).
Makna keseluruhan: Garudafood selalu berempati dengan sesama.
5 Pilar Program Sehati Garudafood
§ Kesehatan Masyarakat
§ Lingkungan
§ Bantuan Kemanusiaan
§ UMKM
§ Pendidikan
· Personal Selling (n/a)
o. Analisis Branding Produk
· Bentuk Packaging Desain
Produk Gery Saluut dikemas dalam plastic foil yang mempunyai berat bersih 16g.
· Color Image Produk
Biru, Merah, Latar Putih dan Coklat
· Logo Product
Gery Saluut
· Ilustrasi Produk
Menampilkan produk itu sendiri dengan background putih.
B.2. Nyam-Nyam Choco Snack
Data Produk
a. Nama Produk/Brand/Merk
Oreo Wafer
b. Nama Perusahaan
Kraft Food
c. Sejarah Perusahaan
Profil Perusahaan
Kraft Foods (dinamakan sesuai nama pendirinya yaitu James Lewis Kraft) merupakan perusahaan produsen makanan terbesar ke-2 di dunia (setelah Nestlé). Kraft terdaftar di Bursa Saham New York. Pada tahun 1988, Altria Group (ketika itu masih bernama Philip Morris)mengakuisisi Kraft senilai 12,9 milyar USD. Pada tahun 2000, Altria Group mengakuisisi produsen biskuit Nabisco dan menggabungnya (merger) dengan Kraft (dimana Kraft kemudian menjadi Flagship). Saat ini Kraft telah menjadi perusahaan mandiri yang terpisah dari Altria Group, setelah seluruh sahamnya pada Kraft dilepas ke publik. Pada bulan November 2007, Kraft mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah mengakuisisi divisi biskuit milik Danone di seluruh dunia yang kemudian menjadikan Kraft sebagai produsen biskuit terbesar di dunia. Kraft berkantor pusat di Northfield, Illinois, Chicago.
d. Pengelola
e. Alamat Perusahaan
Perusahaan : Khee San Food Industries SDN. BHD. 43300 Selangor Malaysia
Produsen : Khee San Food Industries SDN. BHD. 43300 Selangor Malaysia
Distributor / Importir : PT. Nabisco Foods, Bekasi 17530, Indonesia
Layanan Konsumen Kraft Foods Indonesia : 08001333555
f. Produk Lain Yang Dipasarkan
g. Spesifikasi Produk
Halal Malaysia
MS 1500 2004 1 015-12/2006
BPOM RI ML : 227101001523
Kode Batang : 7 622300 128234
Komposisi: Gula, tepung gandum (terigu), minyak sayuran (minyak kelapa sawit), serbuk koko (bubuk coklat), pewarna karamel, lesitin soya (lesitin kedelai), garam, natrium bokarbonat, perisa vanila.
Informasi nilai gizi:
Takaran Saji : 18 gram / Jumlah Sajian Per Kemasan : 1
- Energi total : 90 kkal
- Lemak total : 4 gram / 8%
- Protein : 1 gram / 2%
- Karbohidrat total : 12 gram / 4%
- Gula : 7 gram
- Natrium : 25 mg / 1%
% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal
Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah
h. Harga Produk
· Supermarket
Rp 1.000,00
· Toko
Rp 1.100,00
· Warung
Rp 1.100,00
· Pasar
Rp 1.050,00
i. Kelebihan Produk
Oreo merupakan brand yang terkenal di seluruh dunia. Merupakan produk dari kraft yang menduduki no.2 sedunia sebaggai penghasil makanan/minuman setelah nestle.
j. Usp
Brand terkenal dengan gambar wafer coklat.
k. Positioning Produk
Produk ini untuk seluruh kalangan
l. Tagline (n/a)
m. Target audience
· Demografis
§ Jenis kelamin : laki-laki, perempuan
§ Usia : 5 tahun keatas
§ Siklus Hidup Keluarga : semua
§ Pendidikan : semua
§ Pekerjaan : semua
§ Kewarganegaraan : Indonesia
§ SES (Social Economical Status) : bawah-bawah, bawah-atas, kelas bekerja, kelas menengah, menengah atas, atas bawah
· Geografis
§ Wilayah : seluruh Indonesia
§ Lokasi
§ Kepadatan : perkotaan, pinggiran kota, pedesaan
· Psikografis
§ Gaya hidup : modern
§ Kepribadian : suka berteman, patuh pada penguasa
· Behavioristik
§ Manfaat : kualitas, ekonomis
§ Status Pemakai : pemakai potensial, pemakai
pertama kali, pemakai tetap, bekas pemakai, bukan pemakai
§ Status Kesetiaan : sedang
§ Tahap Kesiapan membeli : sadar, mengetahui, tertarik,
menginginkan, bermaksud membeli
§ Sikap Terhadap Produk : antusias, positif
§ Perilaku : kejadian biasa, kejadian khusus
n. Promosi Yang Dilakukan
· Advertising (ATL-BTL/NL) (n/a)
· Trough The Line (Ambience Media)
· Sales Promotion (n/a)
· Public Relation (n/a)
· Personal Selling (n/a)
o. Analisis Branding Produk
· Bentuk Packaging Desain
Produk Oreo Wafer chocolate cream ini dibungkus dengan menggunakan plastic foil yang mempunyai berat bersih 18g.
· Color Image Produk
Putih, kuning, cokelat, latar warna biru tua
· Logo Product
· Ilustrasi Produk
Brand terkenal dengan menampilkan produk itu sendiri dan dengan background biru tua.
C. KESIMPULAN ANALISIS KOMPETITOR
- Analisa Market
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa kapasitas pasar dalam ruang lingkup produk jenis ini cukup luas. Dengan situasi persaingan yang sehat, masing-masing merek memiliki keunggulan produk tersendiri, sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan keinginannya.
- Analisa Target Market
Produk-produk competitor ini hanya dijual di Indonesia saja, kecuali produk Oreo yang dijual luas di seluruh dunia.
- Analisa Target Audience
Target market dari produk jenis ini adalah anak-anak usia 5 tahun keatas, tetapi tidak menutup kemungkinan konsumen produk ini dari seluruh kalangan mulai anak-anak, remaja, dewasa, sampai tua dan dari seluruh golongan (masal).
Produk ini umumnya dipasarkan didaerah perkotaan atau pedesaan dengan pola hidup masyarakat yang sudah modern.
- Analisa SWOT
S (Strong) : brand atau merek Oreo sudah dikenal oleh masyarakat dunia, Gery lebih murah dan merakyat.
W(Weaknes) : brand Oreo baru-baru ini mendapat reputasi buruk karena disinyalir pernah mengandung zat melamin yang berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan Gery mempunyai image produk murahan.
O(Opportunity) : mengisi segmen yang belum bisa dicapai oleh kedua produk tersebut, yaitu segmen menengah atas dengan target audience anak-anak sampai remaja.
T (Threat) : produk Oreo Wafer dan Gery Saluut lebih dikenal
dan lebih murah oleh masyarakat Indonesia
dibandingkan produk TimTam
D. LAMPIRAN
- Analisa hasil kuisioner (n/a)
- Hasil survey (n/a)
- Foto Aktifitas (n/a)
- Surat Survey (n/a)
- Referensi dari buku/majaalah/internet
www.kraftfood.com, www.google.com, www.garudafood.com,
www.wikipedia.org, http://organisasi.org
- Data dari SRI, Marketing Mix, sumber-sumber lain (n/a)
- Lembar Asistensi
REDESINGNING & REPOSITIONING
PRODUK
WAFER COKLAT
PROJECT 1
RISET DAN ANALISA KOMPETITOR
Oleh:
Chandra Sari
NIM 405253479958
PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
JURUSAN SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2009
bagus ey detail pisan rincian rinciannya ,makasih banyak telah membantu
BalasHapus:)