Selasa, 31 Maret 2009

project 1 DKV 4

A. ALASAN PEMILIHAN PRODUK/MEREK KOMPETITOR

a. Latar Belakang Pemilihan Kompetitor Langsung

Produk Oreo wafer dipilih sebagai kompetitor langsung karena merek ini sudah cukup terkenal di tingkat nasioal maupun internasional. Hanya saja baru-baru ini produk Oreo ini disinyalir mengandung zat melamin yang berbahaya bagi kesehatan.

b. Latar Belakang Pemilihan Kompetitor tidak Langsung

Produk Gery Saluut dipilih sebagai competitor tidak langsung karena masyarakat mengganggap produk ini kurang berkualitas baik rasa maupun harga.

Segmentasi produk ini adalah masyarakat menengah ke bawah, sehingga image produk ini adalah produk murah dan masyarakat kita tidak menyukai hal tersebut.


B. IDENTIFIKASI DATA BRAND/MEREK KOMPETITOR

B.1. Gery Saluut

Data Produk

a. Nama Produk/Brand/Merk

Gery Saluut

b. Nama Perusahaan

Garudafood

Logo-Extreme-Vertical-Trans-Small

c. Sejarah Perusahaan

Profil Garudafood

Gate

GarudaFood adalah perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok usaha Tudung (Tudung Group). Selain GarudaFood, Tudung Group juga menaungi SNS Group (PT Sinar Niaga Sejahtera, bergerak di bisnis distribusi dan logistik), PT Bumi Mekar Tani (BMT, fokus di bidang plantations), PT Nirmala Tirta Agung (NTA, bisnis air minum dalam kemasan bermerek Mayo), PT Dairyland Indonesia (DLI, memasarkan susu kemasan kaleng bermerek Prestine), dan Global Solution Institute (GSI), bergerak di bidang pelayanan jasa pelatihan, seminar, event-organizer, dan konsultasi manajemen).

GarudaFood Group berawal dari PT Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah, pada 1958 dan bergerak di bisnis tepung tapioka. Pada 1979 PT Tudung berganti nama menjadi PT Tudung Putrajaya (TPJ). Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo Putro, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa Indonesia merdeka.

Pada awal 1987 TPJ mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merk Kacang Garing Garuda, yang belakangan dikenal dengan sebutan ringkas: Kacang Garuda. Kacang Garuda meraih pelbagai penghargaan sebagai berikut: Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) kategori kacang bermerek delapan kali berturut-turut (2000-2007); Superbrands (2003); Top Brand for Kids (2004); Indonesian Best Brand Award (IBBA, 2004-2007); Top Brand (2007).

Tatkala perekonomian nasional tengah dihantam krisis ekonomi, Desember 1997 GarudaFood mendirikan PT GarudaFood Jaya yang memproduksi biskuit bermerek Gery. Periode 2005-2007 Gery Saluut meriah Indonesian Best Brand Award (IBBA) dari MARS dan majalah SWA untuk kategori wafer salut. Pada 2007 Gery Chocolatos meraih IBBA kategori wafer stick.

Pada 1998 GarudaFood mengakuisisi PT Triteguh Manunggal Sejati (TRMS), produsen jelly dan meluncurkan produk jelly bermerek Okky dan Keffy. Prestasi Okky Jelly dibuktikan dari keberhasilan meraih Top Brand for Kids (TBK) Award 2004 untuk kategori jelly. Di samping TBK, OKKY Jelly juga berhasil meraih IBBA (2004-2007). Okky Jelly Drink juga meraih penghargaan Top Brand 2007 dari majalah Marketing bekerja sama dengan Frontier.

Pada akhir 2002 TRMS meluncurkan produk minuman jelly bermerek Okky Jelly Drink sekaligus babak baru GarudaFood masuk ke bisnis minuman (beverages). Keseriusan GarudaFood menekuni bisnis minuman juga semakin kentara dengan diluncurkannya Mountea, minuman teh rasa buah. Mountea bahkan mencatat prestasi IBBA 2007 kategori minuman teh dalam kemasan cup.

Pada tahun 2000 Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sepakat menggabungkan TPJ, Garuda Putra Putri Jaya, dan GarudaFood Jaya dalam satu nama: PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA (GPPJ).

GarudaFood juga memproduksi snack bermerek Leo, untuk kategori produk kripik kentang, kripik pisang, kripik singkong, dan krupuk mulai akhir 2005. Pada 2007 Leo meraih IBBA kategori snack kentang. Selain itu juga merambah bisnis snack jagung dengan merek O’Corn.

Di tingkat nasional, GarudaFood juga dipersepsi positif sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman idaman. Survey yang dilakukan Frontier dan majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada 2006 dan 2007 menyebutkan GarudaFood berada di urutan ketiga Indonesian Most Admired Company (IMAC). GarudaFood juga aktif menjalankan program corporate social responsibility (CSR) di bawah bendera GarudaFood Sehati.

Kini, seluruh potensi yang ditopang kekuatan sekitar 19 ribu karyawan berkepribadian unggul (knowledge worker) menjadi modal utama GarudaFood dalam upaya menyongsong sukses sebagai sebuah sustainable enterprise.

Garudafood sebagai suatu perusahaan yang bergerak di industri makanan ringan mengemban misi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menciptakan produk-produk dan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan harapan yang diinginkan konsumen di dalam maupun luar negeri. Sebelumnya terbentuk sebagai Divisi Eksport, International Operation Division (IOD) terbentuk pada tahun 2000.

Sebagai perusahaan dinamis, Garudafood sudah sejak lama memasuki pasar internasional. Berbagai produk yang dihasilkan telah dipasarkan dan diterima dengan baik di seluruh belahan dunia. Beberapa di antaranya seperti negara-negara ASEAN meliputi Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam; Singapura, Hongkong, Taiwan, India, Bangladesh, Korea Selatan, dan Timor Leste. Kawasan Eropa meliputi Belanda dan Jerman. Kawasan Timur Tengah meliputi Yordania, Yemen, Arab Saudi, Israel, Palestina, dan Uni Emirat Arab. Kawasan Amerika meliputi Amerika Serikat, Kanada, Guatemala, dan Bolivia. Nigeria untuk kawasan Afrika. Serta kawasan Australia, Selandia Baru dan Papua Nugini.

Kami berkomitmen untuk memberikan produk yang berkualitas tinggi kepada pelangggan. Kami selalu mengupayakan perbaikan-perbaikan untuk tetap memuaskan pelanggan. Sebagai hasilnya Garudafood berhasil memperoleh ISO 9002 dan Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) di tahun 2000, 2001, 2002, 2003, 2004, and 2005. Semuanya itu merupakan langkah awal dan tantangan untuk memberikan yang terbaik. Kami berusaha yang terbaik untuk menciptakan hubungan yang berkesinambungan bagi setiap pelanggan.

Misi

§ Memuaskan konsumen dengan menyediakan:

1. Produk-produk makanan & minuman berkualitas; dan
2. Produk-produk konsumsi dan layanan berkualitas;

yang bukan berasal dari bahan-bahan yang merupakan hasil pengorbanan hewan atas kehendak langsung perusahaan;

§ Membentuk komunitas karyawan untuk tumbuh bersama dan mengembangkan kualitas kehidupan, lingkungan kerja dan pekerjaan para karyawan;

§ Menciptakan kemanfaatan jangka panjang yang berkesinambungan dalam hubungan antara perusahaan dengan seluruh mitra usaha.

§ Meningkatkan nilai tambah bagi pemegang saham dengan menjalankan etika bisnis dan pengelolaan perusahaan yang baik.

Visi

§ Menjadi salah satu perusahaan terbaik di industri makanan dan minuman di Indonesia dalam aspek profitabilitas, penjualan dan kepuasan konsumen melalui karya yang kreatif dan inovatif dari seluruh karyawan yang kompeten.

Filosofi

t_pilar1

Human Values

  • Menghayati dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan yang meliputi: Truth, Right Conduct, Love, Non Violence, and Peace.
  • Tidak melanggar hal-hal yang dilarang agama.
  • Ketulusan dan keharmonisan dalam berfikir, berkata-kata, dan bertindak.

t_pilar2

Business Ethics

  • Menggunakan norma-norma etika yang berlaku di dalam masyarakat dalam berinteraksi dan mengelola lingkungan bisnis sehingga tercapai "sustainable mutual benefit".
  • Peduli juga terhadap berbagai permasalahan yang muncul dalam kiprah bisnis Garudafood walaupun secara formal bukan menjadi bagian dari tanggung jawabnya.

t_pilar3

Unity Through Harmony

  • Menjaga keharmonisan dan keutuhan dengan lingkungan bisnisnya secara internal (karyawan dan shareholder).
  • Menjaga keseimbangan dan keserasian antara aspek bisnis dengan aspek-aspek kehidupan lainnya.

t_pilar4

Speed and Leading Change

  • Menjaga dan meningkatkan kecepatan dalam cara berpikir dan bertindak.
  • Melembagakan perubahan secara cepat dan berkesinambungan yang memberikan nilai tambah pada perusahaan dengan bertumpu pada kekuatan teknologi.

t_pilar5

Working Smart in Learning Culture

  • Rajin, keras hati, dan bersungguh-sungguh serta konsisten dalam pekerjaan yang digeluti.
  • Menekankan pada proses bekerja yang cepat, sistematis, dan akurat.
  • Senantiasa meningkatkan cara dan mutu kerja melalui pengembangan diri di dalam budaya belajar yang terus dibangun oleh dan bersama perusahaan.

Logo Perusahaan

Full Color

Versi: Extreme Vertical

Logo-Extreme-Vertical-Trans-Small

Pantone 2758 c
C:100 M:80 Y:0 K:26
R:1 G:58 B:129

Pantone 361 c
C:69 M:0 Y:100 K:0
R:84 G:185 B:72

Pantone 1797 c
C:0 M:100 Y:99 K:4
R:227 G:27 B:35

Pantone 284 c
C:55 M:19 Y:0 K:0
R:108 G:174 B:223

Versi: Horizontal

Logo-Horizontal-Transparent-Small

Monochrome

Versi: Extreme Vertical

Monochrome-Logo-Extreme-Vertical-Trans-Small

Pantone Process Black c
C:0 M:0 Y:0 K:100
R:35 G:31 B:32

Pantone Cool Gray 3c
C:0 M:0 Y:0 K:20
R:209 G:211 B:212

Pantone Cool Gray 10c
C:0 M:0 Y:0 K:60
R:128 G:130 B:133

Pantone Cool Gray 6c
C:0 M:0 Y:0 K:30
R:188 G:190 B:192

Versi: Horizontal

Monochrome-Logo-Horizontal-Transparent-Small

One Tone

Versi: Extreme Vertical

OneTone-Logo-Extreme-Vertical-Trans-Small

Pantone Process Black c
C:0 M:0 Y:0 K:100
R:35 G:31 B:32

Versi: Horizontal

OneTone-Logo-Horizontal-Transparent-Small


Negara-negara yang tercakup dalam wilayah distribusi Garudafood:

iodmap

ASIA :


§ Malaysia

§ Thailand

§ Filipina

§ Brunei Darussalam

§ Bangladesh

§ Vietnam

§ Kamboja

§ Hong Kong

§ Singapura

§ Taiwan

§ India

§ Korea Selatan

§ Timor Leste



Australia

Selandia Baru

Papua Nugini

Eropa

§ Belanda

§ Jerman

Timur Tengah

§ Yordania

§ Yaman

§ Saudi Arabia

§ Israel

§ Palestina

§ Uni Emirat Arab

Afrika

  • Mauritius

USA

Canada

Amerika Selatan

§ Chile

§ Bolivia

Amerika Tengah

§ Guatemala


Pacific Ocean

§ Kiribati

§ Samoa, America

§ Tuvalu


Jaringan Distribusi Garudafood (Indonesia)

snslogo

sns

Produk-produk Garudafood didistribusikan oleh PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS) yang merupakan Divisi Distribusi dari holding company. Didirikan 1994, peran SNS sangat menentukan bagi perkembangan Garudafood. Karena perannya, berbagai macam produk Garudafood bisa diperoleh konsumen di wilayah-wilayah pelosok seluruh Indonesia.

Hingga tahun 2006 ini, SNS telah memiliki 96 depo, yang melayani hampir 150.000 outlet pelanggan di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, untuk lebih memperluas jaringan, SNS juga bermitra dengan subdistributor besar yang tersebar dari Aceh sampai Papua.

Dengan kekuatan jaringan serta armada distribusi yang sangat memadai, sejak 1994 SNS telah menjadi 5 besar perusahaan distributor FMCG terbaik untuk kategori makanan dan minuman.

Dalam perkembangannya SNS kini tidak hanya mendistribusikan produk dari Garudafood, tetapi juga dari principal lain baik untuk produk food maupun non food.

Prestasi

Top-Brand-Award-2007

2007
Top Brand Award
Merek bukan hanya sekedar identitas tetapi mampu menciptakan ekuitas yang tinggi bagi perusahaan, image dan loyalitas jangka panjang. Merek terkuat adalah merek yang selama bertahun–tahun mampu menempatkan diri pada posisi puncak (Top): (1)Top of market share, (2)Top of mind share, (3)Top of commitment share. Oleh karena itu, Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group menggelar Top Brand Award 2007. Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek yang berhasil mencapai posisi yang top, bukan hanya dalam jangka kurun setahun tapi lebih dari satu tahun. Dua merek Garudafood berhasil meraih dua penghargaan Top Brand untuk kategori kacang bermerek dan jelly drink yaitu Kacang Garuda dan Okky Jelly Drink.

Dream-Team-Champions

2006
The Dream Team Champions
Penghargaan ini baru pertama kali diadakan oleh majalah SWA. Ajang ini mengumpulkan tim-tim pemasaran terbaik dari masing-masing perusahaan untuk kemudian berlomba untuk menjadi The Dream Team Champions. Tim pemasar Gery mampu meraih Special Award: Brand Builder Champion atas prestasinya membangun Gery hingga menjadi market leader di kategori biskuit di Indonesia.

MarketingAward

2006
Marketing Award
Marketing award merupakan penghargaan di dunia pemasaran yang ditujukan bagi perusahaan-perusahaan yang menunjukkan kepemimpinan dalam dunia pemasaran. Ada lima kategori yang diperebutkan dalam ajang ini yaitu The Best Market Driving Company , The Best Innovation in Marketing, The Best IT in Marketing , The Best in Experiential Marketing , The Best in Marketing Campaign. Di ajang yang baru tahun ini digelar, Garudafood menggondol dua penghargaan yaitu The Best Campaign dan The Best Innovation.

IBBA

2004-2006
Indonesian Best Brand Award (IBBA)
Indonesian Best Brand Award (IBBA) merupakan penghargaan untuk merek-merek terbaik di masing-masing kategori produk yang diadakan oleh Majalah SWA dan sejak 2001. Dua brand Garudafood yaitu Kacang Garuda untuk Merek kacang Terbaik dan Okky Jelly untuk merek Jelly terbaik berhasil meraih penghargaan ini selama 3 tahun berturut-turut (2004-2006) hingga berhasil mendapatkan Golden Brand. Prestasi ini disusul oleh Gery di kategori biscuit yang berhasil meraih IBBA pada tahun 2005.

2003-2006
CEO Idaman Versi Warta Ekonomi
Survei untuk mencari tahu siapa sesungguhnya CEO yang paling berpengaruh di lingkungan bisnis sehingga layak masuk dalam daftar 10 CEO idaman yang diadakan oleh majalah Warta Ekonomi. Survei dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia dengan kategori penilaian kemampuan membuat perusahaan menjadi besar (14,21%), inovatif (6,28%), dan profesional (5,95%). CEO Garudafood Sudhamek AWS sejak tahun 2003 berhasil masuk ke dalam posisi 10 besar CEO Idaman. Tahun 2006 ini Sudhamek berhasil menempati peringkat 5 CEO Idaman 2006.

d. Pengelola

Sudhamek AWS

Sudhamek AWS
Chief of Executive Officer

Prodjo Handojo

Prodjo Handojo
Director

Kusuma Dewiningroem

Kusuma Dewiningroem
Director

Pangajoman Adi

Pangajoman Adi
Director

Pratolo Waluyo

Pratolo Waluyo
Director

Lestari Santoso

Lestari Santoso
Director

Untung Rahardjo

Untung Rahardjo
Director

Eka Susanto

Eka Susanto
Director

Rahajoe Dewiningroem

Rahajoe Dewiningroem
Director

Hartono Atmadja

Hartono Atmadja
Managing Director Operation

Hardianto Atmadja

Hardianto Atmadja
Managing Director Distribution

e. Alamat Perusahaan

§ Kantor Pusat

PT Garudafood Putra Putri Jaya

Jl. Bintaro Raya no. 10A
Jakarta 12240, Jakarta
Indonesia

No. Telepon : 62-21-7290110

No. Fax : 62-21-7294009

§ Kantor Cabang

PT Garudafood Putra Putri Jaya

(Biscuit Division)

Gresik 61177 Indonesia

§ Sales Center/distribusi

PT Sinar Niaga Sejahtera
Jl. Wahab Affan No. 135 Medan Satria, Bekasi Barat 17132
Ph.(+6221) 8843210, 8853716; Fax. (+6221) 8854962, 8854579
http://www.snsgroup.co.id

§ Pabrik (n/a)

§ Website

http://www.garudafood.com

§ Customer Service

Mail Box : PO BOX 999

JKS 12000 – Indonesia

E-mail : customer@garudafood.com

Layanan Konsumen : 0800-1-7289-7777 (bebas pulsa)

f. Produk Lain Yang Dipasarkan

INDONESIA

Kacang (Kacang Kulit)

Kacang Kulit Biga

Kulit Biga
Kacang Kulit Biga terbuat dari kacang tanah pilihan yang diproduksi khusus untuk anda yang menginginkan kepuasan lebih besar dalam mengkonsumsi kacang. Kerenyahan dalam kacang berisi 3 biji ini membuat anda bisa menikmati kepuasan tersendiri dalam mengkonsumsinya.

Kacang Kulit Ekspor

Kulit Ekspor
Kacang Kulit Garuda terbuat dari kacang tanah pilihan yang garing dan istimewa renyahnya dan isinya yang padat. Cocok disajikan saat santai atau dalam perjalanan liburan, baik untuk semua usia.

Kacang Kulit Lokal

Kulit Lokal
Kacang Kulit Garuda terbuat dari kacang tanah pilihan yang garing dan istimewa renyahnya dan isinya yang padat. Cocok disajikan saat santai atau dalam perjalanan liburan, baik untuk semua usia.

Kacang (Coated)

Atom Ekspor

Atom Ekspor
Kacang Atom Garuda terbuat dari bahan pilihan, diproses dan melalui pengemasan dengan mesin-mesin berteknologi tinggi. Kacang Atom Garuda hadir dengan pilihan rasa gurih, manis, dan pedas sesuai dengan selera konsumen. Kacang Atom Garuda adalah snack sangat spesial dan cocok untuk menemani saat santai anda.

Atom Gurih Lokal

Atom Gurih lokal
Kacang Atom Garuda terbuat dari bahan pilihan, diproses dan melalui pengemasan dengan mesin-mesin berteknologi tinggi. Kacang Atom Garuda hadir dengan pilihan rasa gurih, manis, dan pedas sesuai dengan selera konsumen. Kacang Atom Garuda adalah snack sangat spesial dan cocok untuk menemani saat santai anda.

Atom Manis

Atom Manis
Kacang Atom Garuda terbuat dari bahan pilihan, diproses dan melalui pengemasan dengan mesin-mesin berteknologi tinggi. Kacang Atom Garuda hadir dengan pilihan rasa gurih, manis, dan pedas sesuai dengan selera konsumen. Kacang Atom Garuda adalah snack sangat spesial dan cocok untuk menemani saat santai anda.

Atom Pedas

Atom Pedas
Kacang Atom Garuda terbuat dari bahan pilihan, diproses dan melalui pengemasan dengan mesin-mesin berteknologi tinggi. Kacang Atom Garuda hadir dengan pilihan rasa gurih, manis, dan pedas sesuai dengan selera konsumen. Kacang Atom Garuda adalah snack sangat spesial dan cocok untuk menemani saat santai anda.

Atom Telor

Atom Telor
Kacang Atom Garuda terbuat dari bahan pilihan, diproses dan melalui pengemasan dengan mesin-mesin berteknologi tinggi. Kacang Atom Garuda hadir dengan pilihan rasa gurih, manis, dan pedas sesuai dengan selera konsumen. Kacang Atom Garuda adalah snack sangat spesial dan cocok untuk menemani saat santai anda.

Garudakid

Garudakid
Garudakid adalah produk kacang oven Garuda yang ditujukan untuk segmen anak-anak. Meskipun demikian, Garudakid sangat digemari pula oleh kalangan remaja maupun dewasa. Terbuat dari kacang pilihan dengan paduan bumbu yang tepat menjadikan Garudakid sebagai kacang oven yang disukai semua usia.

Kacang Kriting

Kacang Kriting
Kacang Kriting Garuda terbuat dari kacang pilihan yang diramu dengan bumbu-bumbu pilihan dan proses berteknologi tinggi sehingga menghadirkan bentuk dan rasa yang khas. Tekstur yang renyah dan kandungan gizi yang tinggi dari Kacang Kriting Garuda menghadirkan kenikmatan tersendiri saat kita memakannya.

Kacang (Ting-ting)

Ting Ting

Ting Ting
Ting Ting Garuda merupakan cemilan baru yang memadukan permen dan biskuit dengan rasa kacang dan susu yang manis. Paduan kacang dan perasa susu yang tepat menjadikan Ting Ting Garuda sebagai camilan yang sangat tepat dinikmati dalam segala suasana. Ting Ting Garuda "bukan permen, bukan biskuit"

Ting Ting Kopi

Ting Ting Kopi
Ting Ting Rasa Kopi adalah salah satu inovasi dari Garuda yang menggunakan kacang tumbuk yang renyah dan telah dicampur kopi. Padu padan antara kacang pilihan dan rasa kopi yang menyatu dalam Ting Ting Rasa Kopi memberikan sensasi baru bagi para penikmat Ting Ting. Ting Ting Rasa Kopi adalah camilan dengan rasa manis, renyah dan gurih. Makan Ting Ting tidak cukup satu.

Ting Ting Original

Ting Ting Original
Ting Ting kini hadir dalam ukuran yang lebih besar dengan kemasan isi dua biji. Mereka yang hobi ngemil kacang dalam bentuk permen tentu akan lebih puas dengan Ting Ting Original yang dalam satu kemasannya berisi dua biji. Nikmatnya Ting Ting Original benar-benar memberikan kepuasan dalam mengemil. Makan Ting Ting tidak cukup satu.

Jelly (Jelly Bolo)

Jelly Bollo Drink

Jelly Bollo Drink
Okky Bollo Drink adalah produk minuman yang di dalamnya terdapat bubble-bubble (alginat) dengan warna-warna yang menarik. Produk ini menawarkan kesegaran buah sekaligus memberikan sensasi tersendiri saat meminumnya. Okky Bollo Drink sangat cocok disajikan untuk memberikan kesegaran di saat-saat santai maupun setelah beraktivitas.

Jelly (Jelly Drink)

Jelly Drink Jambu

Jelly Drink Jambu
Okky Jelly Drink merupakan inovasi dari divisi jelly, dimana produk ini mengkombinasikan fungsi jelly sebagai makanan sekaligus sebagai minuman. Produk ini mengandung jelly dengan nata de coco dan tersedia dalam kemasan cup dengan pilihan rasa jeruk dan jambu (guava). Okky Jelly Drink memberikan kesegaran dengan menghilangkan dahaga sekaligus membantu menahan lapar. Okky Jelly Drink sangat cocok disajikan saat kita membutuhkan kesegaran setelah melakukan berbagai kegiatan maupun di saat-saat bersantai bersama.

Jelly Drink Jeruk

Jelly Drink Jeruk
Okky Jelly Drink merupakan inovasi dari divisi jelly, dimana produk ini mengkombinasikan fungsi jelly sebagai makanan sekaligus sebagai minuman. Produk ini mengandung jelly dengan nata de coco dan tersedia dalam kemasan cup dengan pilihan rasa jeruk dan jambu (guava). Okky Jelly Drink memberikan kesegaran dengan menghilangkan dahaga sekaligus membantu menahan lapar. Okky Jelly Drink sangat cocok disajikan saat kita membutuhkan kesegaran setelah melakukan berbagai kegiatan maupun di saat-saat bersantai bersama.

Jelly (Jelly Sedot & Jumbo)

Okky Jelly Jumbo Cup Lokal

Okky Jelly Jumbo Cup Lokal
Okky Jelly jumbo cup tersedia kemasan praktis dalam shrink maupun hanger. Dengan delapan pilihan rasa, yaitu jeruk, nanas, melon, anggur, strawberry, leci, sirsak, dan mangga, Okky Jelly Jumbo Cup dapat dijumpai di kantin dan pasar tradisional dengan harga ekonomis. Dengan harga yang terjangkau, Okky jelly kemasan ekonomis ini sangat cocok untuk anak-anak. Sesuai untuk menemani mereka di saat istirahat sekolah ataupun bermain bersama teman di sekolah dan di rumah. Tersedia juga dalam 8 pilihan rasa buah-buahan segar dengan Nata de Coco.

Okky Jelly Jumbo Cup Premium

Okky Jelly Jumbo Cup Premium
Okky Jelly Jumbo Cup Premium adalah produk jelly ukuran besar yang memiliki nata super besar. Hadir dengan kemasan cup yang unil dan seal metalize, Okky Jelly Jumbo Cup Premium menawarkan kenikmatan dan kenyalnya jelly dengan gula murni disertai variasi pilihan rasa, yaitu: orange, strawberry, leci, dan sirsak. Tersedia dalam kemasan satuan maupun kemasan assorted snackbox isi 6.

Okky Jelly Sedot

Okky Jelly Sedot
Okky Jelly Sedot merupakan pengembangan dari produk okky Jelly yang telah ada, yaitu dengan memodifikasi jelly sehingga dapat dikonsumsi dengan cara disedot menggunakan sedotan. Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan rasa, yaitu jeruk, strawberry, leci, nanas, jambu.

Jelly (Jelly Super Cup)

Okky Jelly Serat Lokal

Okky Jelly Serat Lokal
Okky jelly super cup tersedia dalam enam pilihan rasa buah-buahan, yaitu jeruk, nanas, melon, anggur, strawberry, dan leci dengan Nata de Coco.

Okky Jelly Serat Premium

Okky Jelly Serat Premium
Okky jelly super cup tersedia dalam enam pilihan rasa buah-buahan, yaitu jeruk, nanas, melon, anggur, strawberry, dan leci dengan Nata de Coco.

Okky Jelly Super Cup Lokal

Okky Jelly Super Cup Lokal
Okky Jelly Super Cup tersedia dalam enam pilihan rasa buah-buahan, yaitu jeruk, nanas, melon, anggur, strawberry, dan leci dengan Nata de Coco.

Snack (Keripik)

Leo Keripik Kentang

Keripik Kentang
Snack Kentang Leo terbuat dari kentang pilihan dengan bumbu-bumbu yang menambah kenikmatan rasa produk ini. Saat ini, Snack Kentang Leo hadir dengan rasa ayam original dengan kemasan yang menarik dan isi lebih banyak.

Leo Keripik Singkong

Keripik Singkong
Snack Singkong Leo merupakan kripik singkong yang dikemas dalam kemasan yang menarik dengan harga yang terjangkau. Terbuat dari bahan-bahan terpilih yang menjadikan Snack Singkong Leo berbeda dari kripik tradisional yang banyak beredar di pasaran.

Snack (Pilus)

Pilus Manis

Pilus Manis
Snack Pilus memiliki pilihan rasa gurih, manis, dan pedas. Produk ini sangat cocok untuk lauk, dikombinasikan dengan nasi, maupun makanan lainnya seperti bakso, soto, mie, siomay, dan makanan-makanan lainnya. Salah satu varian dari pilus adalah pilus cocol yang berbentuk stick dengan dilengkapi saos sambal untuk menambah kenikmatan mengkonsumsi snack pilus.

Pilus Original

Pilus Original
Snack Pilus memiliki pilihan rasa gurih, manis, dan pedas. Produk ini sangat cocok untuk lauk, dikombinasikan dengan nasi, maupun makanan lainnya seperti bakso, soto, mie, siomay, dan makanan-makanan lainnya. Salah satu varian dari pilus adalah pilus cocol yang berbentuk stick dengan dilengkapi saos sambal untuk menambah kenikmatan mengkonsumsi snack pilus.

Pilus Original MM

Pilus Original MM
Snack Pilus memiliki pilihan rasa gurih, manis, dan pedas. Produk ini sangat cocok untuk lauk, dikombinasikan dengan nasi, maupun makanan lainnya seperti bakso, soto, mie, siomay, dan makanan-makanan lainnya. Salah satu varian dari pilus adalah pilus cocol yang berbentuk stick dengan dilengkapi saos sambal untuk menambah kenikmatan mengkonsumsi snack pilus.

Pilus Pedas

Pilus Pedas
Snack Pilus memiliki pilihan rasa gurih, manis, dan pedas. Produk ini sangat cocok untuk lauk, dikombinasikan dengan nasi, maupun makanan lainnya seperti bakso, soto, mie, siomay, dan makanan-makanan lainnya. Salah satu varian dari pilus adalah pilus cocol yang berbentuk stick dengan dilengkapi saos sambal untuk menambah kenikmatan mengkonsumsi snack pilus.

Pilus Pedas MM

Pilus Pedas MM
Snack Pilus memiliki pilihan rasa gurih, manis, dan pedas. Produk ini sangat cocok untuk lauk, dikombinasikan dengan nasi, maupun makanan lainnya seperti bakso, soto, mie, siomay, dan makanan-makanan lainnya. Salah satu varian dari pilus adalah pilus cocol yang berbentuk stick dengan dilengkapi saos sambal untuk menambah kenikmatan mengkonsumsi snack pilus.

Snack (Biskuit)

Gery Bismart

Gery Bismart
Kategori Cookies dari Gery hadir dengan tambahan manfaat Kolin yang mampu meningkatkan daya ingat bagi anak-anak. Produk Cookies ini dinamai Bismart, suatu produk yang tidak saja memberikan energi untuk kekuatan, tapi juga memberikan kecerdasan bagi anak-anak. Bisa kuat saja tidak cukup, oleh karena itu perlu Gery Bismart.

Snack (Dipstick & Cup)

Gery Dipstick Hanger

Gery Dipstick Hanger
Anak-anak pasti suka Gery Dip Stick maupun Gery Rice Crispy. Biscuit yang "dicolek" dengan coklat ataupun ditambah dengan butiran meises warna-warni, ada lagi butiran Rice Crispy yang juga "dicolek" dengan coklat.

Gery Dipstick Tray

Gery Dipstick Tray
Anak-anak pasti suka Gery Dip Stick maupun Gery Rice Crispy. Biscuit yang "dicolek" dengan coklat ataupun ditambah dengan butiran meises warna-warni, ada lagi butiran Rice Crispy yang juga "dicolek" dengan coklat.

Gery Meses

Gery Meses
Gery Meses hadir dalam kemasan cup yang sangat cocok digunakan sebagai campuran roti maupun minuman jus.

Biskuit (Dragee/Chocolate)

Gery Bischoc

Gery Bischoc
Produk Coklat Gery hadir dalam bentuk bola-bola coklat yang lezat dengan nama Gery Bischoc. Produk ini hadir dalam kemasan kecil dan harga terjangkau oleh uang saku anak-anak. Kelezatan coklat dari Gery Bischoc menawarkan kenikmatan coklat asli.

Biskuit (Kraker Beras)

Gery Kraker Beras

Gery Kraker Beras
Gery Kraker Beras merupakan produk kraker dari Gery yang menawarkan dua pilihan rasa, yaitu original dan keju. Produk Gery Kraker Beras terbuat dari tepung beras yang dikombinasikan dengan aroma kecap merupakan produk camilan yang sehat, bebas kolestrol, rendah lemak, dan tidak mengandung pewarna buatan serta praktis dalam pengkonsumsiannya. Gery Kraker Beras rasa original dapat menjadi salah satu alternatif camilan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus (special needs), seperti hiperaktif dan autis. Produk ini merupakan produk yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak tersebut karena terbebas dari bahan/zat yang dapat menimbulkan reaksi negatif bagi anak-anak special needs.

Gery Kraker Beras Rasa Keju

Gery Kraker Beras Rasa Keju
Gery Kraker Beras merupakan produk kraker dari Gery yang menawarkan dua pilihan rasa, yaitu original dan keju. Produk Gery Kraker Beras terbuat dari tepung beras yang dikombinasikan dengan aroma kecap merupakan produk camilan yang sehat, bebas kolestrol, rendah lemak, dan tidak mengandung pewarna buatan serta praktis dalam pengkonsumsiannya. Gery Kraker Beras rasa original dapat menjadi salah satu alternatif camilan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus (special needs), seperti hiperaktif dan autis. Produk ini merupakan produk yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak tersebut karena terbebas dari bahan/zat yang dapat menimbulkan reaksi negatif bagi anak-anak special needs.

Biskuit (Snack & Sereal)

Gery Refill-E

Gery Refill-E
Bila selama ini sereal lazimnya dikonsumsi dengan ditambahkan susu, ada hal yang unik pada Gery Snack & Sereal karena selain dapat dimakan dengan ditambahkan susu, dapat pula dimakan langsung. Setiap biscuit Gery Snack & Sereal berisi coklat sehingga terasa nikmatnya bila dimakan langsung apalagi bila ditambah susu. Tak salah bila Gery Snack & Sereal memposisikan diri sebagai “Snack Bisa, Sereal Bisaâ€
. Selain itu, Gery juga memunculkan produk Sereal dalam format serbuk yang dinamai Gery Refill E, yang berfungsi sebagai pengisi ulang energi.

Gery Snack & Sereal

Gery Snack & Sereal
Bila selama ini sereal lazimnya dikonsumsi dengan ditambahkan susu, ada hal yang unik pada Gery Snack & Sereal karena selain dapat dimakan dengan ditambahkan susu, dapat pula dimakan langsung. Setiap biscuit Gery Snack & Sereal berisi coklat sehingga terasa nikmatnya bila dimakan langsung apalagi bila ditambah susu. Tak salah bila Gery Snack & Sereal memposisikan diri sebagai “Snack Bisa, Sereal Bisaâ€
. Selain itu, Gery juga memunculkan produk Sereal dalam format serbuk yang dinamai Gery Refill E, yang berfungsi sebagai pengisi ulang energi.

Biskuit (Soes)

Gery Soes

Gery Soes
Gery Soes memiliki tiga pilihan rasa, yaitu vanila, strawberry, dan coklat. Kerenyahan Gery Soes dengan berbagai pilihan rasa tersebut sangat disukai oleh anak-anak.

Biskuit (Wafer Cream & Caramel)

Gery Wafer Cream Caramel

Gery Wafer Cream Caramel
Produk Wafer Cream Gery hadir dengan berbagai ukuran kemasan, yaitu kemasan kecil, sedang, dus, dan family pack. Untuk pilihan rasa, terdapat rasa coklat, coklat susu, vanila, dan coklat keju. Salah satu varian dari Wafer Cream Gery ini adalah wafer cream karamel dengan nama Gery Romeo Juliet yang hadir dengan karamel yang khas dan sesuai selera konsumen, khususnya konsumen remaja.

Gery Wafer Cream Coklat

Gery Wafer Cream Coklat
Produk Wafer Cream Gery hadir dengan berbagai ukuran kemasan, yaitu kemasan kecil, sedang, dus, dan family pack. Untuk pilihan rasa, terdapat rasa coklat, coklat susu, vanila, dan coklat keju. Salah satu varian dari Wafer Cream Gery ini adalah wafer cream karamel dengan nama Gery Romeo Juliet yang hadir dengan karamel yang khas dan sesuai selera konsumen, khususnya konsumen remaja.

Gery Wafer Cream Coklat Keju

Gery Wafer Cream Coklat Keju
Produk Wafer Cream Gery hadir dengan berbagai ukuran kemasan, yaitu kemasan kecil, sedang, dus, dan family pack. Untuk pilihan rasa, terdapat rasa coklat, coklat susu, vanila, dan coklat keju. Salah satu varian dari Wafer Cream Gery ini adalah wafer cream karamel dengan nama Gery Romeo Juliet yang hadir dengan karamel yang khas dan sesuai selera konsumen, khususnya konsumen remaja.

Gery Wafer Cream Coklat Vanila

Gery Wafer Cream Coklat Vanila
Produk Wafer Cream Gery hadir dengan berbagai ukuran kemasan, yaitu kemasan kecil, sedang, dus, dan family pack. Untuk pilihan rasa, terdapat rasa coklat, coklat susu, vanila, dan coklat keju. Salah satu varian dari Wafer Cream Gery ini adalah wafer cream karamel dengan nama Gery Romeo Juliet yang hadir dengan karamel yang khas dan sesuai selera konsumen, khususnya konsumen remaja.

Gery Wafer Cream Saluut Coklat

Gery Wafer Cream Saluut Coklat
Produk Wafer Cream Gery hadir dengan berbagai ukuran kemasan, yaitu kemasan kecil, sedang, dus, dan family pack. Untuk pilihan rasa, terdapat rasa coklat, coklat susu, vanila, dan coklat keju. Salah satu varian dari Wafer Cream Gery ini adalah wafer cream karamel dengan nama Gery Romeo Juliet yang hadir dengan karamel yang khas dan sesuai selera konsumen, khususnya konsumen remaja.

Biskuit > Wafer Stick

Gery Cokluut

Gery Cokluut
Produk Wafer Stick Gery memiliki beberapa pilihan rasa, yaitu coklat, coklat susu, dan coklat keju. Sedangkan untuk kemasannya tersedia dalam kemasan kecil, kemasan dus, maupun kemasan toples dan kaleng sehingga sesuai dengan selera masing-masing konsumen. Kombinasi wafer stick dan coklatnya merupakan perpaduan selera dan kualitas prima.

Gery Wafer Stick Coklat

Gery Wafer Stick Coklat
Produk Wafer Stick Gery memiliki beberapa pilihan rasa, yaitu coklat, coklat susu, dan coklat keju. Sedangkan untuk kemasannya tersedia dalam kemasan kecil, kemasan dus, maupun kemasan toples dan kaleng sehingga sesuai dengan selera masing-masing konsumen. Kombinasi wafer stick dan coklatnya merupakan perpaduan selera dan kualitas prima.

Gery Wafer Stick Coklat Keju

Gery Wafer Stick Coklat Keju
Produk Wafer Stick Gery memiliki beberapa pilihan rasa, yaitu coklat, coklat susu, dan coklat keju. Sedangkan untuk kemasannya tersedia dalam kemasan kecil, kemasan dus, maupun kemasan toples dan kaleng sehingga sesuai dengan selera masing-masing konsumen. Kombinasi wafer stick dan coklatnya merupakan perpaduan selera dan kualitas prima.

Gery Wafer Stick Coklat Susu

Gery Wafer Stick Coklat Susu
Produk Wafer Stick Gery memiliki beberapa pilihan rasa, yaitu coklat, coklat susu, dan coklat keju. Sedangkan untuk kemasannya tersedia dalam kemasan kecil, kemasan dus, maupun kemasan toples dan kaleng sehingga sesuai dengan selera masing-masing konsumen. Kombinasi wafer stick dan coklatnya merupakan perpaduan selera dan kualitas prima.

Gery Wafer Stick Lokal

Gery Wafer Stick Lokal
Produk Wafer Stick Gery memiliki beberapa pilihan rasa, yaitu coklat, coklat susu, dan coklat keju. Sedangkan untuk kemasannya tersedia dalam kemasan kecil, kemasan dus, maupun kemasan toples dan kaleng sehingga sesuai dengan selera masing-masing konsumen. Kombinasi wafer stick dan coklatnya merupakan perpaduan selera dan kualitas prima.

Minuman ( Flavor Tea)

Mountea

Mountea
Mountea, minuman teh dengan rasa buah yang segar. Sensasi rasa buah yang terdapat dalam Mountea menawarkan kenikmatan tersendiri dalam minum teh. Tampil dengan kemasan cup, Mountea memberikan kepraktisan bagi konsumen, yaitu langsung sedot tanpa harus repot membuka tutup botol lagi.

Minuman (Nata Drink)

Koko Drink

Koko Drink
Koko Drink adalah produk minuman Nata de Coco dengan rasa buah yang segar. Minuman ini selain memberikan manfaat untuk menghilangkan haus, juga memberikan manfaat serat dari nata de coco sehingga saat minum "nikmati kenyalnya, sekaligus nikmati seratnya". Koko Drink sangat praktis tinggal disedot tanpa harus menggunakan sendok. Koko Drink lebih segar bila disajikan dalam keadaan dingin.

INTERNASIONAL

GG400BP140MEGAPGG200AGG200MEKTI80CLS5CLS4CLC5CLC4WLSMWLKMWLCMWLVMWPR4WPK5WPK4WPC5WPC4WPR5

SCOP1JSO1JCO3SCOP3

g. Spesifikasi Produk

Gery Wafer Cream Saluut Coklat

Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI)
LP POM 00100014221200
BPOM RI MD 827113027425
Kode Batang : 8 992775 312407

Berat bersih : 16g

Komposisi:

Terigu, gula, lemak nabati, minyak nabati, coklat bubuk, dekstrosa, susu bubuk, lesitin, kedelai, garam, aroma cokelat, vanilin.

h. Harga Produk

· Supermarket

Rp 590,00

· Toko

Rp 600,00

· Warung

Rp 600,00

· Pasar

Rp 600,00

i. Kelebihan Produk

Produk Gery Saluut cukup terkenal di masyarakat dan cukup terjangkau harganya dari pada produk dari competitor lainnya

j. Usp

k. Positioning Produk

Kalangan menengah ke bawah karena Produk Gery Saluut harganya terjangkau.

l. Tagline (n/a)

Tebeel Coklatnya

m. Target audience

· Demografis

§ Jenis kelamin : laki-laki, perempuan

§ Usia : 5-17 tahun (anak-anak

sampai remaja)

§ Siklus Hidup Keluarga : lain-lain

§ Pendidikan : Semua

§ Pekerjaan : Semua

§ Kewarganegaraan : Indonesia

§ SES (Social Economical Status) : bawah-bawah, bawah atas,

kelas pekerja, menengah

· Geografis

§ Wilayah : Seluruh Indonesia

§ Lokasi :

§ Kepadatan : perkotaan, pinggiran kota, pedesaan

· Psikografis

§ Gaya hidup : modern

§ Kepribadian :

· Behavioristik

§ Manfaat : ekonomis

§ Status Pemakai : pemakai pertama kali, pemakai potensial

§ Status Kesetiaan : tidak ada

§ Tahap Kesiapan membeli : sadar, tertarik

§ Sikap Terhadap Produk : positif

§ Perilaku :

n. Promosi Yang Dilakukan

· Advertising (ATL-BTL/NL) (n/a)

· Trough The Line (Ambience Media) (n/a)

· Sales Promotion (n/a)

· Public Relation

sehati

CSR Sehati Garudafood

Sejalan dengan perkembangan perusahaan serta sebagai wujud peran sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar / masyarakat luas, Garudafood perlu membuat suatu program khusus, yang fokus pada kegiatan sosial perusahaan, disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar namun tetap terarah. Program tersebut adalah Sehati Garudafood.

Misi Sehati

§ Menerapkan 'Corporate Philosophy' Garudafood.

o Human Values

o Business Ethic

o Unity Through Harmony

§ Membentuk komunitas ‘knowledge worker’ yang mampu menjadi ‘agent of change’ yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

§ Memberi kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat luas melalui program yang berkesinambungan di berbagai aspek (Sosial, Ekonomi dan Lingkungan).


Makna Sehati
SEHATI bermakna berempati.
Dari kata Sehati terdapat kata "sehat" artinya mengutamakan kesehatan baik untuk jasmani dan rohani dan penggalan kata "hati" artinya sepenuhnya dilakukan dengan hati (tulus).
Makna keseluruhan: Garudafood selalu berempati dengan sesama.

5 Pilar Program Sehati Garudafood

§ Kesehatan Masyarakat

§ Lingkungan

§ Bantuan Kemanusiaan

§ UMKM

§ Pendidikan

· Personal Selling (n/a)

o. Analisis Branding Produk

· Bentuk Packaging Desain

Produk Gery Saluut dikemas dalam plastic foil yang mempunyai berat bersih 16g.

· Color Image Produk

IMG_0158

Biru, Merah, Latar Putih dan Coklat

· Logo Product

logo

Gery Saluut

· Ilustrasi Produk

Menampilkan produk itu sendiri dengan background putih.


B.2. Nyam-Nyam Choco Snack

Data Produk

a. Nama Produk/Brand/Merk

Oreo Wafer

IMG_0156

b. Nama Perusahaan

Kraft

Kraft Food

c. Sejarah Perusahaan

Profil Perusahaan

Kraft Foods (dinamakan sesuai nama pendirinya yaitu James Lewis Kraft) merupakan perusahaan produsen makanan terbesar ke-2 di dunia (setelah Nestlé). Kraft terdaftar di Bursa Saham New York. Pada tahun 1988, Altria Group (ketika itu masih bernama Philip Morris)mengakuisisi Kraft senilai 12,9 milyar USD. Pada tahun 2000, Altria Group mengakuisisi produsen biskuit Nabisco dan menggabungnya (merger) dengan Kraft (dimana Kraft kemudian menjadi Flagship). Saat ini Kraft telah menjadi perusahaan mandiri yang terpisah dari Altria Group, setelah seluruh sahamnya pada Kraft dilepas ke publik. Pada bulan November 2007, Kraft mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah mengakuisisi divisi biskuit milik Danone di seluruh dunia yang kemudian menjadikan Kraft sebagai produsen biskuit terbesar di dunia. Kraft berkantor pusat di Northfield, Illinois, Chicago.

d. Pengelola

12

e. Alamat Perusahaan

Perusahaan : Khee San Food Industries SDN. BHD. 43300 Selangor Malaysia

Produsen : Khee San Food Industries SDN. BHD. 43300 Selangor Malaysia

Distributor / Importir : PT. Nabisco Foods, Bekasi 17530, Indonesia

Layanan Konsumen Kraft Foods Indonesia : 08001333555

f. Produk Lain Yang Dipasarkan

Kraft_Snacks_splandipskraft_caprisun_25_less_sugarkraft_honeymaid_100_cal_packKraft_Premium_baconKraft_Premium_CotedorKraft_Premium_dijiKraft_Premium_tassimoKraft_QuickMeals_macKraft_Snacks_CryLightKraft_Snacks_gardenharvestKraft_Snacks_oreocc

g. Spesifikasi Produk

Halal Malaysia

MS 1500 2004 1 015-12/2006

BPOM RI ML : 227101001523

Kode Batang : 7 622300 128234

Komposisi: Gula, tepung gandum (terigu), minyak sayuran (minyak kelapa sawit), serbuk koko (bubuk coklat), pewarna karamel, lesitin soya (lesitin kedelai), garam, natrium bokarbonat, perisa vanila.

Informasi nilai gizi:

Takaran Saji : 18 gram / Jumlah Sajian Per Kemasan : 1

- Energi total : 90 kkal

- Lemak total : 4 gram / 8%

- Protein : 1 gram / 2%

- Karbohidrat total : 12 gram / 4%

- Gula : 7 gram

- Natrium : 25 mg / 1%

% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal

Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah

h. Harga Produk

· Supermarket

Rp 1.000,00

· Toko

Rp 1.100,00

· Warung

Rp 1.100,00

· Pasar

Rp 1.050,00

i. Kelebihan Produk

Oreo merupakan brand yang terkenal di seluruh dunia. Merupakan produk dari kraft yang menduduki no.2 sedunia sebaggai penghasil makanan/minuman setelah nestle.

j. Usp

Brand terkenal dengan gambar wafer coklat.

k. Positioning Produk

Produk ini untuk seluruh kalangan

l. Tagline (n/a)

m. Target audience

· Demografis

§ Jenis kelamin : laki-laki, perempuan

§ Usia : 5 tahun keatas

§ Siklus Hidup Keluarga : semua

§ Pendidikan : semua

§ Pekerjaan : semua

§ Kewarganegaraan : Indonesia

§ SES (Social Economical Status) : bawah-bawah, bawah-atas, kelas bekerja, kelas menengah, menengah atas, atas bawah

· Geografis

§ Wilayah : seluruh Indonesia

§ Lokasi

§ Kepadatan : perkotaan, pinggiran kota, pedesaan

· Psikografis

§ Gaya hidup : modern

§ Kepribadian : suka berteman, patuh pada penguasa

· Behavioristik

§ Manfaat : kualitas, ekonomis

§ Status Pemakai : pemakai potensial, pemakai

pertama kali, pemakai tetap, bekas pemakai, bukan pemakai

§ Status Kesetiaan : sedang

§ Tahap Kesiapan membeli : sadar, mengetahui, tertarik,

menginginkan, bermaksud membeli

§ Sikap Terhadap Produk : antusias, positif

§ Perilaku : kejadian biasa, kejadian khusus

n. Promosi Yang Dilakukan

· Advertising (ATL-BTL/NL) (n/a)

· Trough The Line (Ambience Media)

DSC01826

· Sales Promotion (n/a)

· Public Relation (n/a)

· Personal Selling (n/a)

o. Analisis Branding Produk

· Bentuk Packaging Desain

Produk Oreo Wafer chocolate cream ini dibungkus dengan menggunakan plastic foil yang mempunyai berat bersih 18g.

· Color Image Produk

IMG_0156

Putih, kuning, cokelat, latar warna biru tua

· Logo Product

logo2

· Ilustrasi Produk

Brand terkenal dengan menampilkan produk itu sendiri dan dengan background biru tua.

C. KESIMPULAN ANALISIS KOMPETITOR

  • Analisa Market

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa kapasitas pasar dalam ruang lingkup produk jenis ini cukup luas. Dengan situasi persaingan yang sehat, masing-masing merek memiliki keunggulan produk tersendiri, sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan keinginannya.

  • Analisa Target Market

Produk-produk competitor ini hanya dijual di Indonesia saja, kecuali produk Oreo yang dijual luas di seluruh dunia.

  • Analisa Target Audience

Target market dari produk jenis ini adalah anak-anak usia 5 tahun keatas, tetapi tidak menutup kemungkinan konsumen produk ini dari seluruh kalangan mulai anak-anak, remaja, dewasa, sampai tua dan dari seluruh golongan (masal).

Produk ini umumnya dipasarkan didaerah perkotaan atau pedesaan dengan pola hidup masyarakat yang sudah modern.

  • Analisa SWOT

S (Strong) : brand atau merek Oreo sudah dikenal oleh masyarakat dunia, Gery lebih murah dan merakyat.

W(Weaknes) : brand Oreo baru-baru ini mendapat reputasi buruk karena disinyalir pernah mengandung zat melamin yang berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan Gery mempunyai image produk murahan.

O(Opportunity) : mengisi segmen yang belum bisa dicapai oleh kedua produk tersebut, yaitu segmen menengah atas dengan target audience anak-anak sampai remaja.

T (Threat) : produk Oreo Wafer dan Gery Saluut lebih dikenal

dan lebih murah oleh masyarakat Indonesia

dibandingkan produk TimTam

D. LAMPIRAN

  • Analisa hasil kuisioner (n/a)
  • Hasil survey (n/a)
  • Foto Aktifitas (n/a)
  • Surat Survey (n/a)
  • Referensi dari buku/majaalah/internet

www.kraftfood.com, www.google.com, www.garudafood.com,

www.wikipedia.org, http://organisasi.org

  • Data dari SRI, Marketing Mix, sumber-sumber lain (n/a)
  • Lembar Asistensi

REDESINGNING & REPOSITIONING

PRODUK

WAFER COKLAT

PROJECT 1

RISET DAN ANALISA KOMPETITOR

LOGOunm

Oleh:

Chandra Sari

NIM 405253479958

PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

JURUSAN SENI DAN DESAIN

FAKULTAS SASTRA

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar